Friday 2 October 2015

Kota Jambi Alami Deflasi

 
Sayap Jambi - Pada bulan September 2015, Kota Jambi mengalami deflasi sebesar 1,26 persen sedangkan Bungo mengalami deflasi sebesar 0,21 persen.

Perbandingan inflasi antar kota se-Sumatera dari 23 kota, 17 kota mengalami deflasi dan 6 kota mengalami inflasi.

"Kota Jambi nomer dua Se-Sumatera yang mengallami deflasi setelah Kota Sibolga," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, Yos Rusdiansyah.

Pada pembentukan deflasi di Kota Jambi terjadi karena penurunan harga pada dua kelompok yaitu  yaitu kelompok bahan makanan sebesar 1,07 persen dan kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,3456 persen.

Sedangkan Bungo penyebab deflasi disumbangkan oleh tiga kelompok yaitu kelompok bahan makanan sebesar 0,46 persen, kelompok Transportasi, Komunikasi dan Jasa keuangan sebesar 0,0039 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,0022 persen.

Sedangkan komoditas utama yang memberikan andil terjadinya deflasi di Kota Jambi yaitu cabai merah, cabai rawit, angkutan udara, daging ayam ras, udang basah, ikan nila, bawang merah dan tomat sayur.

"Di Bungo komoditas yang berikan andil yaitu cabai merah, bayam, ikan nila, kangkung, kentang, cabai rawit, dan udang basah," pungkasnya

No comments:

Post a Comment