Thursday 26 May 2016

Wuih, Kulit Pisang Bisa Jadi Kerupuk



SAYAP JAMBI – Kulit pisang yang sering kita buang setelah memakan isinya, ternyata kulit pisang juga dapat diolah dan dijadikan makanan ringan berupa kerupuk. Kini diberbagai daerah di pulau jawa sudah banyak industri rumahan yang mengolah kulit pisang menjadi kerupuk dan beredar dipasaran.

Kulit pisang selama ini hanya dibuang di tempat sampah atau untuk pakan sapi maupun kambing. Bahkan, jika dibuang sembarangan dapat menyebabkan orang terpeleset. Namun di tangan-tangan orang terampil dapat disulap menjadi makanan yang enak, gurih, dan sedikit sepat di lidah.

Seperti yang diberitakan oleh viva.co.id pada 15 Mei 2013 kulit pisang dapat disulap menjadi kerupuk oleh Lasio (58), warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Lasio bahwa untuk membuat kerupuk dari kulit pisang tidak berbeda dengan membuat kerupuk pada umumnya. Sedangkan kulit pisang yang digunakan lebih bagus yang masih mentah.

Kandungan gizi pada kerupuk tersebut juga tidak perlu diragukan, karena kerupuk tersebut juga sudah diteliti Universitas Gadjah Mada dan hasilnya positif sehingga aman untuk dikonsumsi dan tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, kulit pisang yang sudah disulap menjadi kerupuk juga mempunyai nilai ekonomis tersendiri. Kerupuk yang masih mentah dibanderol Rp25 ribu per kilogramnya dan Rp50 ribu per kilogramnya.untuk kerupuk yang sudah matang. Kerupuk yang masih mentah bisa tahan hingga enam bulan untuk disimpan.

Gimanaaa… tertarik untuk mencoba?

Baca Juga : Cara Membuat Kerupuk Dari Kulit Pisang

No comments:

Post a Comment